Rabu, 24 November 2010

Pemasaran , Manajemen dan Organisasi

Tugas Mata Kuliah

1. Jelaskan pengertian Manajemen !
Jawab : 
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan : Perencanaan, Pengoganisasian, Pengarahan dan Pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, melalui pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya lainnya.

2. Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi Manajemen !
Jawab :
Ada 4 fungsi Manajemen yaitu :
1. Perencanaan 
Fungsi yang utama dan terpenting, dipakai agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masyarakat.
Perlunya Perencanaan :
^ Untuk mengidentifikasi peluang masa depan
^ Antisipasi atau menghindari masalah masa depan
^ Untuk mengembangkan langkah-langkah strategi
2. Pengorganisasian
Fungsi Manajemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengeompikkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkoodinasikan aktivitas.
Tujuan :
^Setiap individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban dan tanggung Jawab
^ Agar terbina hubungan yang baik antar anggota organisasi dan antar organisasi
3. Pengarahan
Pengarahan adalah kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing-masing yang telah ditentukan.
Bentuk kegiatan :
^ Berkomunikasi dengan semua anggota organisasi 
^ Membagikan Pengarahan dan Petunjuk
^ Memberikan kepemimpinan
^ Memberikan motivasi untuk mendorong para karyawan
4. Pengendalian
Pengendalian adalah aktivitas untuk menemukan, mengoreksi, apakah adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, di bandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah pengendalian :
1. Menetapkan standar dan metode
2. Mengukur prestasi kerja
3 Menentukan apakah kerja sesuai standar
4. Mengambil tindakan koreksi

3. Sebutkan ketrampilan-ketrampilan manajerial yang ada !
Jawab:
Ketrampilan-ketrampilannya yaitu :
a. Ketrampilan Konseptual
Kemampuan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan organisasi
b. Ketrampilan Kemanusiaan
Ketrampilan untuk bekerja dengan orang lain : memahami dan memotivasi mereka
c. Ketrampilan Administrasi
Ketrampilan untuk menata administrasi organisasi
d. Ketrampilan teknik
Ketrampilan teknik untuk menggunakan peralatan-perlatan mesin, teknik dan metode bidang tetentu seperti komputer, akuntansi, produksi dan lain-lain.

4. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk organisasi !
Jawab :
a. Organisasi Garis
^ Bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan terbawah.
^ Setiap atasan memilki sejumlah bawahan bertanggung jawab kepada atasannya. Setiap bawahan hanya bertanggung jawab kepada satu atasan.
^ Bentuk ini paling banyak dipakai dan sesuai untuk perusahaan kecil, karena sederhana dan jelas.
Kebaikan :                                                          
^ Kesatuan dalam perintah atau pemimpin
^ Pengambilan keputusan cepat
^ Solidaritas karyawan tinggi
^ Sederhana, Biaya rendah
Keburukan :
^ Sangat tergantung pada satu orang pimpinan
^ Pimpinan cenderung otokratis
^ Karyawan sulit berkembang
b. Organisasi Garis dan Staff
Bentuk organisasi yang banyak dipkai oleh perusahaan besar daerah usahanya luas dan kompleks. Pada prinsipnya hampir sama dengan bentuk garis, Hanya ditambah STAF, yaitu : satu atau beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi saran atau nasehat sesuai bidangnya kepada pimpinan perusahaan, Bila mengalami kesulitan dalam menangani maslah yang terjadi. Staf tidak memilki Hak memerintah Bawahan.
Kebaikan :
^ Sesuai untuk perusahaan Besar
^ Keputusan lebih Rasional dengan adanya staf
^ Dapat mewujudkan "The Right In The Right Place"
Keburukan :
^ Organisasi rumit dan kompleks
^ Koordinasi sulit diterapkan
^ Jumlah karyawan banyak, sehingga solidaritas kurang dan tidak saling kenal
c. Organisasi Fungsional
^ Bentuk organisasi yang berbagi ke berbagai bidang sesuai fungsi, seperti : Pemasaran, Produksi, Personalia dan Keuangan, Wewenang dan Tanggung jawab melekat terhadap proses atau fungsi masing-masing. Setiap anggota fungsi hanya mengerjaka fungsinya, wewenang dan tanggung jawab sangat tegas telah digariskan.
^ Para manager fungsi Bertanggung jawab mengawasi bawahannya sesuai dengan fungsinya, namun bisa memerintah kebagian lain sepanjang masih memilki kewenangan
Kebaikan :
^ Pembagian yugas jelas
^ Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan di maximalkan
^ Masing-masing fungsi di pegang oleh para ahli
Keburukan :
^ Karyawan dapat menerima perintah dari beberapa atasan
^ Tidak ada kesatuan perintah
^ Makin merasa ahli, akan sulit bekerja sama
d. Organisasi Matrix
^ Bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan dua pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Dalam perusahaan besar dan batas toleransi pekerjaan yang singkat maka dipakai bentuk matrix
^ Alasan lain untuk menghindari berbenturan antara pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu yang harus selesai keduanya dengan baik.
^ Dalam bentuk matrix, terjadi hubungan antar berbagai fungsi
^ Misal : Perusahaan sepatu yang aktivitas dasar memproduksi sepatu, mnerima esanan yang harus selesai dalm waktu tertentu, dan dengan jumlah tertentu. Agar ke dua pekerjaan bisa selesai, maka Bentuk Matrix yang cocok
Kebaikan :
^ Adanya aktivitas lain yang dikerjakan tanpa mengganggu aktivitas dasar
^ Mendorong inovasi dan kreativitas karyawan
^ Mendorong muculnya cara-cara baru, bentuk-bentuk penyelesaian baru dan semangat kerja positif.
Kelemahan:
^ Munculnya konflik antar fungsi dan karyawan
^ Hanya organisasi tertentu yag dapat memakai bentuk ini
^ Dapat mengganggu aktivitas dasar
^ Biaya mahal
^ Terdapat lebih dari satu atasan
e. Organisasi Komite
^ Komite adalah kelompok formal yang mengganitikan para manager didalam struktur organisasi
^ Anggota komite memiliki wewenang dan tanggung jawab, anggota komite berasal dari berbagai tingkatan manajemen
^ Semua keputusan organisasi dipelajari dan di evaluasi oleh anggota komite
^ Bentk ini sesuai untuk rganisasi yang sangat perlu sikap hati-hati dan dari berbagai sudut pandang, misal : Organisasi Rekayasa Genetika  (BATAN), dan Organisasi antariksa
Kebaikan :
^ Keputusan yang diambil lebih baik karena melalui rapat yang mendalam
^ Keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama-objektif
^ Hati-hati dan seksama
^ Terdiri dari para ahli
Kelemahan :
^ Keputusan yang diambil lama
^ Kadang pendapat terakhir berasal dari anggota komite yang dominan
^ Keputusan kadang kurang efektif karena kompromi

5. Sebutkan dan Jelaskan konsep-konsep inti pemasaran menurut Philip Kotler !
Jawab :
^ Kebutuhan
Konsep paling pokok, yang melandasi pemasaran. Kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang harus di penuhi, kalau tidak akan menderita (mati) seperti : Makan, Minum, Pakaian
^ Keinginan
Kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, sikap pribadi seseorang, misal : orang Indonesia makan nasi

6. Sebutkan dan Jelaskan Manajemen Pemasaran !
Jawab :
Manajemen Pemasaran adalah Proses yang melibatkan perencanaan, implementasi dan pengendalian program-program pemasaran yaitu : menciptakan, membangun, mempertahan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.

7. Jelaskan pengertian pemasaran !
Jawab :
Pemasaran adalah Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan untuk proses pertukaran

8. Sebutkan dan Jelaskan tujuan sistem Pemasaran !
Jawab :
Tujuan Sistem Pemasaran :
^ Memaksimalkan Konsumsi
Konsumsi > Produksi > Kesempatam Kerja > Kemakmuran
^ Memaksimalkan Kepuasan Konsumen
^ Memaksimalkan Pilihan
Tersedianya aneka atau ragam, produk, jumlah, variasi, harga, mutu sehingga banyak pilihan
^ Memaksimalkan kualitas Hidup
Banyak barang atau jasa yang bermutu tinggi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup umat manusia



Jumat, 12 November 2010

Kewirausahaan, Kemandirian dan Manajemen yang baik

PEMILIK TOKO KEBAYA

Apabila saya sebagai pemilik Toko Kebaya saya akan memproduksi bahan-bahan kebayanya tidak akan ketinggalan zaman atau modern dan dengan itu saya bisa melestarikan warisan kebudayaan Indonesia. Dan selain bahan-bahan kebayanya , kita harus bisa membuat pelanggan merasa nyaman berada di toko saya. Dan juga kita harus bisa membuat harga-harganya terjangkau di kalangan masyarakat. Bahan-bahan kebaya juga harus sesuai dengan usia. Dari anak-anak sampai dewasa motifnya berbeda-beda, supaya yang anak-anak tidak terlihat tua, begitu juga sebaliknya.
Di sini kita juga harus bisa memanajemen perusahaan dan para karyawan-karyawannya dengan baik. Dan dapat mengatur produksi, kerja karyawan. Sehingga dapat mencapai tujuan yang maksimal. Usaha kebaya ini dapat membuka butik-butik sehingga pelanggan-pelanggan dengan mudah menemui butik-butik. Kita juga harus mengawasi kegiatan produksi kebaya, sehingga dapat menghasilkan kebaya dengan kualitas yang bersaing denga kualitas asing.


KULIAH SAMBIL BEKERJA

Banyak cara yang dilakukan mahasiswa belajar untuk hidup mandiri, seperi misalnya kuliah sambil bekerja. Dengan kuliah sambil bekerja membuat kita menjadi lebih dewasa, dimana kita tidak lagi bergantung kepada orang tua.Tetapi kuliah sambil bekerja tidaklah mudah karena kita harus bisa mengatur waktu antara bekeaja dengan belajar. Terkadang kuliah sambil bekerja kurang efektif karena pada saat kita bekerja berkurangannya kosentrasi karena sudah lelah, jika keadaan di tempat kerja sedang ada masalah, dan kita harus mengorbankan kuliah yaitu bolos.
Dengan kuliah sambil bekerja kita dapat mengatur waktu, meringankan beban orangtua, dan lebih bertanggung jawab. Hal terpenting dari belajar hidup mandiri yang kita jalani adalah menjadi kita lebih meghargai uang dan waktu.


MEMBUKA PERPUSTAKAAN

Dengan membuka perpustakaan kecil-kecilan dirumah saya merasa saya dapat hidup mandiri. Dimulai dari mengumpulkan buku-buku yang sudah tidak terpakai lagi, contohnya buku pelajaran, kamus, buku rumus-rumus dan lain-lain. Dengan membuka perpustakaan kita dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kepada siapapun yang membacanya. Dengan membuka perpustakaan ini saya tidak terus bergantung pada orangtua.
Dalam membuka perpustakaan ini kita dapat belajar memajemen perpustakaan mandiri, mengatur kunjungan perpustakaan, mengatur buku-bukuyang kita terima dari donatur-donatur. Di perpustakaan kita memberikan  fasilitas yang nyaman dan lengkap. Misalnya seperti jaringan internet yang memudahkan mencari judul buku, kenyamanan, dan koleksi buku-buku yang lengkap menambah pengunjung untuk berkunjung pada perpustakaan kita.


USAHA KUE KERING

Supaya hidup kita bahagia dengan berwiraswasta kita harus memulai usaha dengan hobi yang kita miliki dan juga harus mempunyai motivasi seperti membuat kue kering, apabila kita tidak didasari dengan hobi dan motivasi yang kuat dalam menjalankan usaha tersebut, usaha tersebut tidak akan berjalan lancar.
Usaha tersebut bdapat dimulai darimewarkan sampel kue yang kita buat ke temen, tetangga atau kepada orang-orang terdekat. Supaya tidak mengecewakan pelanggan, kue tersebut harus mempunyai cita rasa yang lain daripada yang lain. Selain kuenya kita juga harus membuat pelanggan tertarik pada penampilannya atau kemasan dari kue tersebut. Dan juga harga jualnya terjangkau oleh kalangan masyarakat.


USAHA PERNAK PERNIK

Dengan membuka usaha menjual pernak pernik, saya ingin menjadi lebih mandiri. Usaha tersebut dimulai dari hobi yang saya miliki yaitu membuat pernak pernik. Awalnya saya membuat untuk diri sendiri, dan mulailah saya menerima pesanan dari pelanggan. Usaha tersebut saya kembangkan dengan membuat pernak pernik menurut permintaan pelanggan dan bentuk dan warnanya sesuai dengan keinginan pelanggan. Dengan itu saya dapa kembangkan kreativitas saya dalam membuat pernask pernik karena permintaan dan keinginan setiap pelanggan berbeda-beda. 
Usaha pernak pernik bisa lebih dikembangkan dengan menawarkan ke teman-teman dikampus. Pasti peminatnya memadai. Apalagi kaum perempuan yang lebih meminati pernak pernik yang kita tawarkan.
Secara tidak sadar, jika kita ingin tekun dan ulet menggeluti usaha tersebut, kita mampu menambah uang saku kita walaupun tidak banyak. Belajar mandiri, bagaimana mengatur waktu antara kuliah dan usaha yang kiat rintis. Berwiraswasta dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan.

Rabu, 03 November 2010

Perusahaan dan Lingkungannya, Bentuk-Bentuk Badan Usaha, Kewiraswastaan dan Usaha Kecil

 1. Tugas Mata Kuliah

1. Jelaskan pengertian perusahaan dan unsur-unsurnya !
Jawab :
Perusahaan yaitu : Suatu unit kegiatan ekonomi yang di organisasi, dan melakukan aktivitas pengolaha faktor-faktor produksi, untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat  mendistribusikannya, serta melakukan upaya-upaya lain, dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.
Unsur-unsurnya dari perusahaan yaitu :
1. Perusahaan sebagai suatu organisasi
Organisasi : Kumpulan orang-orang yang saling berinteraksi, dibentuk, dikoordinasi dalam melaksanakan suatu kegiatan ttn, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Perusahaan melakukan kegiatan ekonomi
Kegiatan Ekonomi : Menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa, Memberikan kepuasan, karena kebutuhan manusia terpenuhi, dan Apa, Bagaimana, Untuk Siapa ?
3. Perusahaan melakukan kegiatan Produksi 
Produksi : Kegiatan mengolah bahan baku, (sumber-sumber ekonomi) menjadi produk (barang dan jasa) yang mempunyai nilai guna lebih tinggi.
Produksi : 1. Primer : Batu bara mlangsung dari alam batu bara, minyak bumi.
                2. Sekunder : Bahan diolah > diolah lagi > kain > baju
4. Faktor-faktor produksi
Keterangan :
1. Tanah dan sumber daya alam
2. Tenaga kerja
3. Modal
4. Kewiraswastaan/manajerial > untuk mengkombinasikan dengan faktor-faktor produksi lain agar  barang
dan jasa bisa diciptakan.
5. Barang dan jasa (produk) : Alat memuaskan kebutuhan, keinginan dan permintaan masyarakat.
6. Distribusi : memindahkan barang dan jasa ke konsumen / masyarakat luas
7. Laba / keutungan : 1. Selisih pendapatan dan biaya-biaya
                                 2. Bukan sebagai tujuan utama
                                 3. Dipakai untuk menghasilkan produk
8. Kepuasan mayarakat : 1. Menjadi tujuan utama perusahaan
                                       2. Dipakai untuk mendapat untung (laba)

2. Jelaskan fungsi -fungsi perusahaan dan ciri-cirinya !
Jawab :
Ada 2 fungsi perusahaan :
1. Fungsi operasi : Berkaitan dengan operasional perusahaan
    yakni fungsi operasi : 1. Pembelian dan produksi              6. Administrasi
                                    2. Pemasaran                                  7. Informasi
                                    3. Keuangan                                   8. Transportasi dan komunikasi
                                    4. Personalia                                   9. Pelayanan umum
                                    5. Akuntansi                                  10. HUMAS
2. Fungsi manajemen : Berkaitan dengan hal pengeloalaan perusahaan
    1. Planning / Perencanaan
    2. Organizing / Peng-organisasian
    3. Activating / Pelaksanaan - Pergerakan
    4. Controlling / Pengendalian
Ciri-ciri Perusahaan > Untuk memudahkan perusahaan mudah dikenali
Adapun ciri-ciri perusahaan tersebut, meliputi :
1. Operatif : Menunjukkan aktivitas Ekonomi , yakni : produksi, penyediaan, distribusi, barang dan jasa.
    Misalnya : Perusahaan manufacture, dagang, jasa dan lain-lain
2. Lokasi : Menunjukkan perusahaan dididrikan pada tempat ttn dalam kemasan yang jelas.
3. Formal : Menunjukkan apakah perusahaan secara resmi terdaftar oleh pemerintah, (legal) tunduk dan taat
                 pada peraturan.
4. Dinamis : Apakah perusahaan mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang selalu berubah
    Reguler : Menunjukkan keteraturan aktivitas agar selalu bergerak maju.

    3. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri badan usaha yang ada di Indonesia !
        Jawab :
1. Perusahaan Perseorangan
> Dikelola, dimiliki dan diawasi oleh satu orang keuntungan dan resiko ditanggung satu orang
> Keuntungan :
   1. Mudah dibentuk dan dibubarkan
   2. Sederhana : kegiatan dan pengelolaan
   3. Tidak ada pembagian laba
> Kelemahan :
   1. Terbatas : Kemampuan Manajemen dan sumber dana
   2. Resiko : Ditanggung sendiri
   3. Sulit : Mengikuti Perkembangan Perusahaan
       Contoh : UD, Toko, Bengkel dan lain-lain
2. Firma
> Didirikan oleh beberapa orang, dengan memakai nama bersama atau satu nama untuk bersama
> Segala kerugian di tanggung bersama
> Keuntungan :
   1. Prosedur pendirian Relatif mudah
   2. Modal besar > gabungan
   3. Keputusan-keputusan bersama > lebih baik
> Kelemahan :
   1. Utang dan kerugian di tanggung bersama
   2. Bila ada anggota keluar > Firma bubar
3. Persekutuan Komanditer
> Merupakan perluasan dari perusahaan Perseorangan dimana didirikan oleh beberapa orang yang
   menyerahkan dan mempercayakan untuk di pakai dalam persekutuan.
> Jumlah dana yang di setor tiap anggota tidak sama
> Ada 2 anggota :
   1. Sekutu Komplementer : Bersedia mengelola dan bertanggung jawab penuh atas dananya
   2. Sekutu Komanditer : Hanya menyerahkan dana, tanggung jawab sebatas uang yag di setor
> Kebaikan :
   1. Pendirian relatif mudah
   2. Modal yang terkumpul banyak
   3. Kemampuan mendapat kredit mudah
   4. Kesempatan berkembang lebih besar
> Kelemahan :
   1. Tanggung jawab tidak terbatas
   2. Kelangsungan hidup perusahaan tidak terjamin
   3. Sukar untuk menarik lagi investasinya
4. Perseroan Terbatas / PT
> Suatu badan yang mempunyai kekayaan, hak, serta kewajiban sendiri yang terpisah dari kekayaan. Hak
   dan kewajiban para pendiri mapun pemilik.
> Kelangsungan hidup Perseroan Terbatas panjang, meski pendiri atau pemilik meninggal.
> Tanda keikutsertaan seseorang sebagai pemilik : SAHAM. Makin besar saham maka makin besar peranan
   dan kedudukannya
> Keterlibatan dan tanggung jawab para pemilik terhadap utang piutang perusahaan, terbatas pada sahamnya.
> Kebaikan :
   1. Kelangsungan hidup panjang dan terjamin
   2. Terbatas tanggung jawab, sehinnga tidak timbul resiko atas kekayaan pribadi
   3. Saham mudah dijual-belikan
   4. Mudah mendapat modal untuk perluasan usaha
   5. Pengelolaaa perusahaan lebih efisien
> Kelemahan:
   1. Biaya pendiriannya relatif mahal
   2. Rahasia perusahaan tidak terjamin atau akan dipublikasikan
   3. Antar pemegang saham kurang saling kenal
   4. Laba dibagi-bagi lagi : 1. Perusahaan
                                         2. Pajak
                                         3. Pemegang saham 
5. Perusahaan Daerah / BUMD
> Perusahaan yang dimiliki DATI II dan I
> Modal : Dari APBD TK II dan I
> DATI II : Kabupaten
    DATI I : Provinsi
> Sesuai dengan perkembangan otonomi daerah
> Keuntungan : Masuk dalam pendapatan asli daerah, bukan ke kepala daerah
6. Perusahaan Negara / BUMN
> Perusahaan yang sebagian / seluruh modalnya berasal dari negara, melalui APBN
> Tujuan Utama : Membangun Ekonomi masyarakat luas menuju tercapainya masyarakat Adil dan Makmur
> Ciri-ciri BUMN :
1. Tujuan utama : melayani kepentingan umum, sekalugus mencari laba
2. Bergerak pada bidang jasa, dan berstans Badan Hukum, diatur dengan Undang-undang.
    Misalnya : PLN, PT KAI, PT TELKOM dan lain-lain
> Dapat memperoleh pinjaman dari Dalam dan Luar Negeri dan sehingga mampu berdiri sendiri
> Bebas melakukan aktivitas sesuai Undang-Undang, perjanjian, kontrak dan hubungan-hubungan
> Masih ada subsidi dari pemerintah
7. Koperasi

4. Mengapa suatu perusahaan saling mengadakan kerjasama bisnis?
Jawab :
Suatu perusahaan saling mengadakan kerjasama bisnis karena :
1. Pasar Terbatas > Perusahaan kecil
2. Bahan Baku (jumlah dan harga) >untuk mendapatkan bahan baku yang banyak dan murah dan terus
    menerus dari pemasok
3. Untuk bersaing dengan produk-produk import
4. Menghemat biaya Riset dan Development
5. Untuk menguasai mata Rantai > dari Bahan Baku -pemasaran
6. Mengurangi pengaruh siklus ekonomi

5. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur yang melekat pada wiraswastaan !
Jawab :
Unsur-unsur yang melekat pada wiraswasta :
1. Pengetahuan
Arti : Seorang wiraswastawan harus mempunyai tingkat kedalaman bidang yang digelutinya, dan keluasan akan pengetahuan atau wawasan. Ditentukan oleh Pendidikannya
2. Ketrampilan
Diperoleh : Latihan dn pengalaman nyata. Semakin mempunyai ketrampilan pada bidangnya, akan semakin sukses (sebaliknya) Karena : membantu memperlancar tugas-tugas yang harus dijalaninya
3. Sikap Mental (Flexibel)
 > Perlu adanya sikap mental yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan kondisi, dinamis, kreatif dan
     inovatif
 > Mampu membaca kondisi, baik yang sulit dan yang menguntungkan
4. Waspada
 > Didalam menghadapi keadaan yang akan datang
 > Waspada : Untuk menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi, sehingga perlu pemikiran / rencana yang tepat Waspada ada 2 :
1. Defensif : Memikirkan strategi dan rencana yang diambil, menghindar, mencegah atas kerugian
2. Ofensif : Melihat keuntungan yang akan didapat dari keadaan yang diduga akan terjadi

6. Bagaimana cara memulai usaha dan menjadikannya hak milik pribadi ?
Jawab :
Cara memulai usaha dan menjadikannya sebagai hak milik pribadi :
1. Membeli perusahaan yang telah dibangun
2. Memulai dengan perusahaan baru
3. Membeli hak lisensi
Keterangan :
I. Membeli Perusahaan
Keuntung-keuntungannya :
1. Lokasi Perusahaan strategis dan menguntungkan, sehingga dapat menghemat biaya > survei lokasi
2. Dari catatan-catatan perusahaan (keuangan, Pajak, Utang dan lain-lain)dapat dilihat apakah
    perusahaan tersebut sehat atau tidak.
3. Dapat menghemat biaya pendirian
4. Efisiensi Usaha dan Waktu : Karena Modal (asset), teknologi, SDM, pelanggan sudah tersedia, sehingga
    dapat segera beroperasi.
Kelemahan :
1. Perlu analisis yang komprehensif mendalam dari berbagai hal , misalnya : Catatan keuangan, kelayakan
    lokasi, usaha dan lain-lain terhadap perusahaan yang akan dibeli
2. Membutuhkan dan yang amat besar
Keterangan :
II. Memulai Perusahaan Baru
> Mulai mendirikan peusahaan baru
> Pemilikan :Lokasi, sleksi karyawan, teknologi, merek dagang, mesin-mesin alat-alat, dan lain-lain
> Kegiatan Operasionalnya : menunggu waktu ttn
Keterangan :
III. Membeli Hak Lisensi
(Franchising = Waralaba)
> Yaitu : Membeli hak lisensi dari pemilik hak lisensi untuk memulai usaha
> Dalam sistem Franchising ini terjalin hubungan Bisnis yang langgeng antara pembeli lisensi (franchisee)
   dengan pemilik lisensi (franchisor)