Jumat, 12 November 2010

Kewirausahaan, Kemandirian dan Manajemen yang baik

PEMILIK TOKO KEBAYA

Apabila saya sebagai pemilik Toko Kebaya saya akan memproduksi bahan-bahan kebayanya tidak akan ketinggalan zaman atau modern dan dengan itu saya bisa melestarikan warisan kebudayaan Indonesia. Dan selain bahan-bahan kebayanya , kita harus bisa membuat pelanggan merasa nyaman berada di toko saya. Dan juga kita harus bisa membuat harga-harganya terjangkau di kalangan masyarakat. Bahan-bahan kebaya juga harus sesuai dengan usia. Dari anak-anak sampai dewasa motifnya berbeda-beda, supaya yang anak-anak tidak terlihat tua, begitu juga sebaliknya.
Di sini kita juga harus bisa memanajemen perusahaan dan para karyawan-karyawannya dengan baik. Dan dapat mengatur produksi, kerja karyawan. Sehingga dapat mencapai tujuan yang maksimal. Usaha kebaya ini dapat membuka butik-butik sehingga pelanggan-pelanggan dengan mudah menemui butik-butik. Kita juga harus mengawasi kegiatan produksi kebaya, sehingga dapat menghasilkan kebaya dengan kualitas yang bersaing denga kualitas asing.


KULIAH SAMBIL BEKERJA

Banyak cara yang dilakukan mahasiswa belajar untuk hidup mandiri, seperi misalnya kuliah sambil bekerja. Dengan kuliah sambil bekerja membuat kita menjadi lebih dewasa, dimana kita tidak lagi bergantung kepada orang tua.Tetapi kuliah sambil bekerja tidaklah mudah karena kita harus bisa mengatur waktu antara bekeaja dengan belajar. Terkadang kuliah sambil bekerja kurang efektif karena pada saat kita bekerja berkurangannya kosentrasi karena sudah lelah, jika keadaan di tempat kerja sedang ada masalah, dan kita harus mengorbankan kuliah yaitu bolos.
Dengan kuliah sambil bekerja kita dapat mengatur waktu, meringankan beban orangtua, dan lebih bertanggung jawab. Hal terpenting dari belajar hidup mandiri yang kita jalani adalah menjadi kita lebih meghargai uang dan waktu.


MEMBUKA PERPUSTAKAAN

Dengan membuka perpustakaan kecil-kecilan dirumah saya merasa saya dapat hidup mandiri. Dimulai dari mengumpulkan buku-buku yang sudah tidak terpakai lagi, contohnya buku pelajaran, kamus, buku rumus-rumus dan lain-lain. Dengan membuka perpustakaan kita dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kepada siapapun yang membacanya. Dengan membuka perpustakaan ini saya tidak terus bergantung pada orangtua.
Dalam membuka perpustakaan ini kita dapat belajar memajemen perpustakaan mandiri, mengatur kunjungan perpustakaan, mengatur buku-bukuyang kita terima dari donatur-donatur. Di perpustakaan kita memberikan  fasilitas yang nyaman dan lengkap. Misalnya seperti jaringan internet yang memudahkan mencari judul buku, kenyamanan, dan koleksi buku-buku yang lengkap menambah pengunjung untuk berkunjung pada perpustakaan kita.


USAHA KUE KERING

Supaya hidup kita bahagia dengan berwiraswasta kita harus memulai usaha dengan hobi yang kita miliki dan juga harus mempunyai motivasi seperti membuat kue kering, apabila kita tidak didasari dengan hobi dan motivasi yang kuat dalam menjalankan usaha tersebut, usaha tersebut tidak akan berjalan lancar.
Usaha tersebut bdapat dimulai darimewarkan sampel kue yang kita buat ke temen, tetangga atau kepada orang-orang terdekat. Supaya tidak mengecewakan pelanggan, kue tersebut harus mempunyai cita rasa yang lain daripada yang lain. Selain kuenya kita juga harus membuat pelanggan tertarik pada penampilannya atau kemasan dari kue tersebut. Dan juga harga jualnya terjangkau oleh kalangan masyarakat.


USAHA PERNAK PERNIK

Dengan membuka usaha menjual pernak pernik, saya ingin menjadi lebih mandiri. Usaha tersebut dimulai dari hobi yang saya miliki yaitu membuat pernak pernik. Awalnya saya membuat untuk diri sendiri, dan mulailah saya menerima pesanan dari pelanggan. Usaha tersebut saya kembangkan dengan membuat pernak pernik menurut permintaan pelanggan dan bentuk dan warnanya sesuai dengan keinginan pelanggan. Dengan itu saya dapa kembangkan kreativitas saya dalam membuat pernask pernik karena permintaan dan keinginan setiap pelanggan berbeda-beda. 
Usaha pernak pernik bisa lebih dikembangkan dengan menawarkan ke teman-teman dikampus. Pasti peminatnya memadai. Apalagi kaum perempuan yang lebih meminati pernak pernik yang kita tawarkan.
Secara tidak sadar, jika kita ingin tekun dan ulet menggeluti usaha tersebut, kita mampu menambah uang saku kita walaupun tidak banyak. Belajar mandiri, bagaimana mengatur waktu antara kuliah dan usaha yang kiat rintis. Berwiraswasta dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar